01 November 2007

Latasir Asbuton

Salah satu jenis pekerjaan jalan adalah Latasir singkatan dari lapisan atas pasir. Jenis ini dikenal juga dengan pekerjaan jenis sandsheet. Biasanya kedua jenis pekerjaan ini dilaksanakan dengan menggunakan komponen aspal minyak sebagai bahan pengikat material pasir atau juga dikenal dengan abu batu.

Pola pengerjaan jenis ini dapat dilakukan di lokasi pekerjaan atau secara manual yakni dengan menggunakan kayu bakar sebagai sumber energi untuk mencampur material abu batu dengan aspal minyak. Atau dilaksanakan di Asphalt Mixing Plant (AMP) sehingga produk akhirnya akan menjadi seperti campuran hotmix.

Latasir atau sand sheet termasuk dalam jenis lapis tipis yang bertujuan memberikan lapisan tipis diatas permukaan jalan yang telah mengalami segregasi sehingga bentuknya menjadi kasar dan tidak nyaman untuk dilewati. Umur perencanaan dari lapisan tipis ini biasanya direncanakan satu sampai dengan dua tahun.
Perkembangan teknologi pengolahan aspal buton menghasilkan temuan bahwa aspal buton dapat dipergunakan sebagai material pengganti aspal minyak dalam jenis pekerjaan Latasir. Bahkan kualitasnya lebih baik dari segi performance dan daya tahan serta harga yang jauh kompetitif apabila dibandingkan aspal minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar