07 November 2007

Mastic Asbuton

Adalah jenis aspal buton yang memiliki kandungan bitumen kualitas tinggi dengan kadar ± 30-40% dan telah keluar di permukaan butiran batuan. Selain itu Mastic Asbuton juga mengandung filler batu kapur (limestone) yang juga dipergunakan dalam proses pencampuran aspal untuk jalan-jalan kelas tinggi. Pengunaan Mastic asbuton juga dapat dikerjakan dengan cara yang mudah serta menggunakan banyak tenaga kerja (padat karya). Harga mastic asbuton relatif lebih murah dibandingkan harga aspal minyak sehingga pemanfaatannya dapat menghemat anggaran. Aplikasi Mastic Asbuton untuk beberapa jenis pembangunan jalan dapat menggantikan sebagian besar pemakaian aspal minyak (substitusi) sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap aspal minyak.

Keuntungan dari penggunaan Mastic Asbuton antara lain:

  1. Penggunaan Mastic Aspal dalam campuran meningkatkan Stabilitas Dinamis dari kontruksi jalan
  2. Campuran bahan jalan dengan Mastic Aspal lebih kuat, tahan lentur, tahan aus dan cuaca.
  3. Mastic Aspal secara ekonomis lebih murah sehingga dapat mengurangi konsumsi aspal minyak dan filler
  4. Campuran Mastic Aspal telah berhasil diaplikasikan di wilayah jabotabek dengan hasil memuaskan dan kendala teknis cukup kecil.
  5. Dengan potensi cadangan yang cukup besar, proyeksi kedepan penggunaan Mastic Aspal akan meningkat sehingga menghemat biaya konstruksi jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar