02 November 2007

AMP mini

Tahun 2007 Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia mengadakan program bantuan alat pengolah aspal. Alat tersebut dikenal juga dengan AMP mini yang sekilas bentuknya sama dengan Pan Mixer. Beberapa provinsi seperti di Kalimantan Timur mendapatkan bantuan alat tersebut untuk selanjutnya di distribusikan ke seluruh sub dinas bina marga Pekerjaan Umum di Kabupaten dan Kota.


Fungsi alat tersebut adalah untuk mengolah campuran material batu dan pasir dengan aspal. Hasil campuran tersebut dapat langsung dipergunakan di lapangan dengan cara digelar baik untuk campuran hangat, campuran dingin, atau jenis latasir/ sandsheet. Keunggulan alat ini dapat dipindahkan (movable) menuju lokasi pengerjaan jalan sehingga menghemat biaya pengangkutan produk jadi dari AMP (base camp) ke lokasi tersebut.


Kepraktisan alat ini juga memungkinkan pembangunan jalan dapat dilakukan dilokasi-lokasi yang terpencil dan jauh dari tempat AMP. Sebagaimana diketahui bahwa ada jarak maksimal yang harus dipenuhi antara lokasi AMP dengan lokasi pembangunan jalan. Maksudnya adalah agar kualitas campuran panas yang digelar tidak berkurang karena jaraknya terlalu jauh dan menyebabkan suhu campuran sudah tidak memenuhi persyaratan pada saat digelar di lapangan.


Sebagai alat pembakarnya mengunakan kompor tekan dengan bahan bakar minyak tanah.

1 komentar: